Cara Terbaik Memilih Hosting

Cara Terbaik Memilih Hosting

cara-terbaik-memilih-hostingCara terbaik dalam memilih hosting merupakan suatu langkah awal di dalam kita memulai membuat website, baik itu berupa blog, profil perusahaan, forum diskusi maupun toko online, hal ini sangat memperngaruhi kondisi website ke depannya baik dalam hal akses time maupun up time.

Cara terbaik dalam memilih hosting

dapat di lihat dari beberapa sisi, sebagai berikut:

  1. Space atau kuota hosting
  2. Trafik atau bandwith hosting
  3. Kecepatan Transfer Data (Transfer Rate)
  4. Up Time dan Backup Data
  5. OS yang digunakan (Linux atau Windows Hosting)
  6. Share atau Dedicated Hosting

Ke enam Cara Terbaik dalam memilih hosting tersebut dapat menentukan kualitas suatu website selain dari sisi tampilan, baiklah kita bahas poin poin tersebut satu persatu.

Spaca atau kuota hosting

Merupakan tempat penyimpanan file file website kita, semakin besar file file didalam website kita maka akan membutuhkan ruang penyimpanan atau kuota hosting yang besar, standar penentuan kuota hosting biasanya berupa satuan Mb (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Beberapa perusahaan hosting service memberikan banyak pilihan di dalam kita memilih kuota hosting yang dapat di sesuaikan dengan buget awal pengembangan website itu sendiri, apakah hanya berupa blog atau web perusahaan yang tentunya akan sangat berbeda dalam kebutuhan akan kuota hosting tersebut.

Trafik atau Bandwith Hosting

Jumlah data keluar dan data yang masuk ke website kita disebut juga trafik atau lalu lintas data, jika trafik hosting yang kita gunakan berbatas kuota dan kecil maka akan sangat mempengaruhi akses website dari luar, sehingga jika kuota habis maka web kita tidak akan dapat di akses oleh pengunjung, dalam hal ini saran terbaik adalah memilih trafik hosting yang unlimitted dan memiliki kecepatan tinggi, biasanya satuan traffic berupa Gb (Gyga Byte).

Kecepatan Transfer Data atau Trasfer Rate

Untuk menentukan kecepatan transfer data ini biasanya terkat dalam hal lokasi penempatan hosting tersebut untuk pasar mana, maksudnya adalah jika anda memiliki bisnis online market hanya untuk pasar indonesia pilihan terbaik adalah memilih hosting dengan server Indonesia, jangan yang di amerika atau lainnya, karena akan sangat mempengaruhi kecepatan transfer data baik dalam hal akses, download dan upload.

Uptime dan Backup Data

Cara terbaik memilih hosting salah satunya dengan melakukan cek pada setiap perusahaan penyedia web hosting ini apakah menyediakan fitur backup data dan apakah ada garansi uptime 99,99 persen yang artinya server tersebut selalu ON tanpa down (mati) dan ada kemampuan untuk melakukan backup data secara otomatis untuk menghindari kemungkinan terburuk jika terjadi.

OS yang digunakan (Linux atau windows hosting)

Jenis OS yang digunakan juga mempengaruhi website yang kita bangun, jika menggunakan bahasa php, mysql maka dapat memilih linux os namun jika menggunakan asp dan sql server maka sangat tepat jika memilih hosting dengan OS windows, dalam hal keamanan keduanya memiliki keamanan yang baik tergantung programer yang membuat website tersebut.

Shared atau Dedicated Hosting

Maksudnya adalah jika kita membuat website dengan biaya terbatas (Murah) misal untuk blog, dan company profil maka cukup menggunakan shared hosting, dengan biaya yang murah kita sudah bisa memiliki website yang dapat diakses oleh siapa saja (mulai 10 ribu per bulan), namun jika kita memiliki buget besar, website dengan fungsi dan fitur kompleks maka sebaiknya dapat memilih dedicated server.

Demikian Cara Terbaik dalam memilih hosting, semoga bermanfaat untuk teman teman yang ingin mengembangkan bisnis secara online, untuk penyedia webhosting bisa klik disini, dan nantikan tips dan trik terbaru di website ini yulistioagung.com

Jangan lupa klik CTRL + D untuk di bookmark 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *